(Jayapura Seni Kreasi Anak Mio Papua). Ternyata penggemar Yamaha MIO telah meyebar di seluruh INDONESIA.
Berikut Penjelasan mengenai Tips Bore-up Yamaha MIO
"Pertama dengan murni menaikkan diameter piston Mio yang standarnya 50 mm. Langkah berikutnya dengan memadukan pembesaran diameter piston dengan memperpanjang langkah,” terang Aldhie, mekanik sekaligus pemilik Bike.rider Shop di Kalimalang, Jaktim.
Pakai Piston 57 mm
Untuk cara pertama, ukuran piston yang bisa dipakai melengserkan standar Mio, yang berdiameter 57 mm. Dengan perhitungan (1/4 x 3,14 x(57)² x 57,9): 1000, maka didapat kapasitas mesin Mio sekarang jadi 147,67 cc.
Menjejalkan piston gede, bikin liner standar juga mesti dirumahkan. “Gantinya liner yang sesuai sama piston itu, misal pakai punya Suzuki Thunder 125,” kata pria berkulit putih ini.
Selain bawaan Thunder 125, piston Honda GL Neo Tech & Yamaha V-Ixion bisa dipakai buat naikkan cc Mio. Oh ya, enggak hanya boringnya yang mesti diganti saat mengapliaski cara pertama ini.
Khusus pakai piston Thunder dan V-Ixion, penyesuaian pada diameter pin juga mesti dilakukan. Pasalnya bawaan Mio 15 mm dan pin Thunder juga V-Ixion 14 mm.
Butuh pengerjaan 5 sampai 7 hari
Perbesar Piston + Naik Stroke
Langkah kedua ini, kombinasi nambah diameter piston dengan menjejalkan yang ukuran 54,5. Sedang buat tambah panjang langkah, ukuran total 6 mm (sesuai aturan maksimal naik stroke) dianggap yang paling pas. Pasalnya bila dimasukkan ke dalam rumus, hasil perkalian dan pembagiannya ketemu kapasitas mesin jadi 148,99 cc.
Dibanding hanya dengan menaikkan kapasitas mesin, pengerjaan pada langkah ke-2 ini lebih lama. “Karena mesti ada prosesi belah mesin buat pasang stroker baru,” urai Joko, mekanik dari Pakde Motor di Depok, Jabar.
Aplikasi ini tak perlu pakai ganti boring, namun penyesuaian pin perlu dilakukan pada beberapa piston yang bisa digunakan. Seperti seher bawaan Yamaha Jupiter dan Kawasaki Kaze yang diameternya 13 mm. Kalau pasangnya piston Suzuki Shogun atau Yamaha Jupiter MX, gak perlu ganti pin.
27 comments:
saya kalau bore-up pake sehr tiger 200,.. noken as di bubut,.. cdi pake brt,.
Wah boleh nih kebetulan ane pake mio...
wizz patut dicoba nieh gass fulll akh!!!
thanks gan ataas infonya!!
keren juga nih,, jadi pengen kaya gitu :)
keren gan..,thanks
terima kasih informasinya ....
wah kebetulan nih mio saya juga mau saya coba nih , terima kasih informasinya.
wizz patut dicoba nieh gass fulll akh!!! kalu yg ginian jarang ngelakuain suka yg standart2 thanks gan ataas infonya!!
mantep gan
wah keren nih, bisa dicoba
Kalau misalkan pengen ringan buat gaya"an gmna apa yang harus di ganti gan???
info yang pastinya bakal diburu sama pecinta MIO indonesia!!!
sipp gan. . .
gan kapan" posting semua motor matik yang mudah utk di modif hehe
Terimakasih banyak atas informasinya...!
salam kenal dan semoga sukses :)
Semoga informasi ini bisa bermanfaat.
Perlu saya coba...!
Terimakasih banyak atas informasinya.
Salam kenal dan semoga sukses :)
lumayan nihh buat ngoprek mio di rumah
terima kasih
kalo dengan piston 57 sih ...
pemakaian bbm agax nyedot mbro..:D
thanks infonya..
keren juga
kisaran harganya berapa gan??
email ya
thx
ditunggu infonya
kern banget infonya
musti nyoba
Mio Motor matic terlaris di indonesia jadi saya yakin info ini bermanfaat bagi anda pecinta motor mio
wow mantap tuh kalo di bore-up
di tunggu kunjungan baliknya gan ...
mantaf bro...nambah koleksi referensi modif motor nich :)
Nice Info Gan !!! :D
wah bermanfaat banget nih infonya.. ^^
oia sob saya ingin tanya, sebelumnya maaf kalau keluar teks, bisa ga sih jika shockbreaker blade di pasang di megapro ? kalau ada waktu dijawab ya.. terima kasih.. ^^
biaya nya Gan ?
Post a Comment
Jika ada komentar, Silahkan isi pada kolom komentar di bawah ini. Saya sangat menghargai Komentar anda. Komentar SPAM dan SARA sangat tidak di perkenankan. Terima kasih.